Jumat, Maret 01, 2013

Rokok Penghalang Masa Depan


 
 

 

Bahaya Merokok bagi Kesehatan sudah diketahui hampir setiap orang. Tetapi jumlah perokok di Indonesia ini tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

 
Simaklah berbagai fakta berikut :

  • Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah China dan India, dalam kasus kematian akibat menghisap rokok. Berdasarkan hasil survei Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007, sebanyak 1.127 orang meninggal setiap hari akibat rokok, 67 persennya merupakan laki-laki.

  • Setiap 6,5 detik satu (1) orang mati oleh karena tembakau (WHO).

  • Orang yg memulai merokok pada usia belasan tahun akan cenderung mati lebih cepat 20 s/d 25 tahun, dibanding yang tidak merokok .

  • Bahaya merokok bukan saja terhadap kanker paru atau penyakit jantung, tetapi juga terhadap kesehatan dan kematian .

  • Efek sampingnya : mulai dari kepala hingga jari kaki .

 

Peringatan Pemerintah : Merokok dapat Merugikan Kesehatan. Begitu sering kita baca pada setiap bungkus rokok semua merek. Walaupun pabrik rokok memberikan cukai yang besar terhadap pemerintah, berbagai usaha untuk menghimbau masyarakat telah dilakukan oleh pemerintah. Beberapa diantaranya adalah pelarangan pemasangan iklan rokok di media massa, penetapan larangan merokok dalam berbagai peraturan daerah sampai yang terakhir adalah fatwa Majelis Ulama Islam bahwa merokok itu haram.

 

Masyarakat pun sudah mengetahui kalau merokok dapat menggangu kesehatan, Apalagi bagi orang yang tiap hari menghisap rokok, sebab dalam setiap bungkus rokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok, seperti ini. "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN." Akan tetapi tetap saja rokok mengepul di mana-mana. Peringatan pemerintah tak dianggap

Bagaimana Cara Rokok Merusak Tubuh?
  • Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.
  • Karbon monoksida dari asap rokok mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.
  • Unsur-unsur penyebab kanker (karsinogen) pada tembakau merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlau cepat.
  • Unsur karsinogen yang bernama benzopiren mengikat sel-sel di saluran nafas dan organ penting lain dari perokok sehingga menyebabkan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar